Spread the love

Hidangan untuk Acara Yasinan – Acara yasinan yang sering dilaksanakan  terutama oleh ibu-ibu untuk kegiatan tertentu seperti syukuran, wirid yasin rutin ataupun lainnya. Tuan Rumah memuliakan anggota yasinan ini salah satunya dengan menyuguhkan makanan dan minuman. Banyak jenis hidangan yang bisa disajikan tentu yang bervariasi agar bisa dinikmati dengan senang hati.

Lalu apa saja jenis makanan yang kira-kira bakal disukai semua tamu? Tentunya yang gampang dimasak atau dicari? Simak penjelasan berikut.

Hidangan untuk Acara Yasinan

Sajikan Hidangan Untuk Acara Yasinan di Rumah

  1. Donat

Menyiapkan donat untuk dinikmati para anggota yasinan selalu pilihan yang tepat. Makanan tradisional ini masih sangat disukai hingga saat ini, bahkan semua kalangan suka mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sebab memiliki tekstur yang lembut. Kalau dulu, donat lebih sering disajikan dengan toping air gula ataupun meises. Namun seiring perkembangan zaman, sudah banyak inovasi toping donat.

  1. Tahu Aci

Tahu aci juga salah satu daftar hidangan untuk acara yasinan yang tak kalah cocok disajikan. Mulai dengan biaya yang sangat terjangkau, sudah bisa mendapatkan tahu aci yang lezat. Pasalnya, cita rasa gurih asin inilah yang menjadi daya tarik tahu aci. Lebih mantap jika disajikan bersama sambal tomat, mayonnaise dan cabai rawit.

  1. Kue Lapis Legit

Merupakan makanan tradisional Indonesia yang awalnya dikembangkan saat masa penjajahan Belanda. Namun hingga kini, peminat kue dengan tampilan berlapis yang khas ini masih cukup tinggi. Tidak hanya untuk acara yasinan saja, tetapi juga cocok untuk acara formal ataupun informal yang lain.

Lapis legit banyak ragamnya, mulai dari lapis legit spesial, ada juga yang sederhana namun tetap lezat. Proses pembuatan lapis legit menggunakan rempah-rempah seperti bunga pala, kapulaga, kayu manis dan cengkeh sehingga saat masuk ke mulut akan terasa wangi rempah. Kini juga ada varian lapis legit susu yang manis dengan tekstur yang tak kalah lembut daripada varian lain. Kemudian ada lapis legit motif batik dan lapis legit pelangi yang sangat menggugah selera. Silakan pilih varian mana yang ingin disuguhkan untuk anggota yasinan.

  1. Pisang Cokelat

Jajanan masa kini yang sukses menarik perhatian banyak orang terutama anak-anak. Pasalnya dari masa ke masa, cokelat selalu menjadi makanan yang paling banyak diminati. Bahkan jika dikonsumsi setiap hari pun tidak akan pernah bosan. Kini cokelat tidak hanya dinikmati yang original saja.

Mulai banyak yang mengombinasikan dengan pisang rasa yang tak kalah lezat seperti pisang cokelat original, pisang cokelat brown sugar crispy, pisang cokelat lumer milo, pisang cokelat isi nangka, pisang cokelat lumer kopi, pisang cokelat keju dan pisang cokelar nutella. Semua varian ini bisa disuguhkan sebagai ide hidangan untuk acara yasinan.

  1. Sate Sosis Mayo

Sosis meskipun bukan makanan asli Indonesia namun sejak masuk ke Indonesia hingga saat ini, peminatnya sudah cukup banyak bahkan ke berbagai pelosok daerah pun sudah terkenal nama jajanan sosis. Menariknya, saat ini sate bukan hanya yang langsung berasal daging kemudian dibakar seperti sate ayam atau sate sapi.

Namun, ada sate sosis seperti sate sosis bakar dan sate sosis goreng. Kedua varian ini sama-sama memiliki rasa yang lezat. Kelembutan sate sangat terasa dengan bumbu yang meresap. Jangan lupa berikan kecap, mayonnaise dan sambal tomat di atas irisan sate tersebut.

  1. Martabak Telur

Martabak yang berbahan dasar telur dan kulit lumpia juga berhasil menarik perhatian jika disajikan dalam acara yasinan. Tentunya akan lebih mantap jika disediakan sambal tomat dan cabe rawit.

Jika tidak ingin  menyuguhkan martabak telur original karena sudah biasa, maka boleh memilih varian yang lain seperti  martabak telur daging,  martabak telur daging jamur, martabak telur mercon ataupun gunakan  daging ayam saus asam manis sebagai bahan isinya. Pasti semua yang hadir di acara yasinan sangat senang karena varian  martabak disajikan lebih dari satu.

Rekomendasi : Nasi Tumpeng di Cilandak

  1. Siomay Dimsum

Memang belum terlalu populer siomay dimsum sebagai inspirasi hidangan untuk acara yasinan, tetapi bukan berarti tak boleh disajikan. Meskipun bukan makanan khas Indonesia, tak bisa dipungkiri banyak masyarakat Indonesia menyukai dimsum. Apalagi isi dimsum menggunakan udang dan ayam sehingga tak jauh berbeda dengan bahan yang biasa digunakan di Indonesia.

Tampilannya yang khas membuat siomay mampu menarik perhatian dari makanan yang lain. Apalagi jika para anggota yasinan pertama kalinya melihat dimsum ini. Hiasan kulit lumpia degan saus merah di atasnya berhasil membuat siapa saja yang melihatnya di acara yasinan penasaran. Agar lebih sempurna rasanya harus disediakan juga saus cocolnya. Perpaduan rasa daging dengan pedas manis saus membuat orang yang mencicipnya ketagihan.

  1. Dadar Gulung

Berbeda dengan dimsum, sebab dadar gulung merupakan sajian tradisional yang sudah tentu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Maka, ketika disuguhkan dadar gulung untuk anggota yasinan juga tak kalah senang. Sebab semua kalangan menyukai sajian satu ini. Memiliki tekstur yang sangat lembut di kulit dadar gulungnya.

Kemudian rasa manis yang khas dengan wangi pandan dari bahan isi dadar gulung parutan kelapa. Ada juga parutan kelapa dengan gula merah sehingga warna lebih gelap. Nah, bahan isi dadar gulung ini tak boleh dimakan jika belum dimasak sebab akan mengakibatkan sakit perut.

Namun, jangan menyediakan dadar gulung yang sudah biasa dinikmati ataupun sudah biasa dilihat. Coba sajikan varian kekinian seperti dadar gulung polkadot yang akan menarik perhatian dari warna-warni polkadot. Ada juga dadar gulung cokelat harus dicoba oleh pecinta cokelat. Boleh juga menghidangkan dadar gulung leopard vla vanila ataupun dadar gulung cokelat pisang.

Semua menu ini bisa disiapkan dengan mudah tentunya dan hemat waktu. Caranya pesan saja hidangan untuk acara yasinan di catering.