Spread the love

Nasi tumpeng adalah nasi yang wajib hadir dalam segala jenis perayaan di Indonesia. Dahulu, nasi ini adalah nasi yang digunakan untuk perayaan hari gunung saja. namun, kini nasi tumpeng telah hadir dalam segala acara orang Indonesia mulai dari acara keagamaan, acara ulang tahun, hingga adat istiadat. Sehingga, sudah tak heran lagi jika Pesan Tumpeng ini akan dilakukan banyak orang menyukseskan acaranya.

Berbicara nasi tumpeng yang enak pasti tak akan terlepas dari resep tumpeng. Resep inilah yang akan membuat serta menentukan enak tidaknya nasi tumpeng. Ada beberapa nasi yang gurih dan ada juga beberapa nasi yang tak gurih. Nyatanya, dari resep tumpeng ini harus diolah sedemikian rupa dengan trik rahasia agar menghasilkan nasi tumpeng enak dan sempurna.

Rahasia Membuat Resep Tumpeng Sempurna

Saat membuat nasi tumpeng, ada beberapa bagian yang tak bisa dipisahkan begitu saja. kebanyakan orang yang sudah mengerti resepnya namun masih bingung cara membuatnya dari awal sehingga akan menghasilkan nasi yang tak gurih dan terkesan hancur begitu saja.

  • Perencanaan tumpeng

Salah satu hal yang jarang dipikirkan oleh orang adalah masalah perencanaan. Masalah ini biasanya terlewatkan. Padahal nasi tumpeng adalah nasi yang memiliki banyak sekali elemen sehingga, setiap elemennya harus detail dan direncanakan dari awal agar tak ada yang tertinggal begitu saja.

Saat ini, nasi tumpeng bisa dibuat menggunakan nasi putih, nasi kuning, atau bahkan nasi uduk. Sehingga, pahami terlebih dahulu jenis nasi yang akan digunakan sembari menyiapkan bahan secara lengkap.

  • Memilih beras

Setelah merencanakan jenis tumpeng yang digunakan, maka faktor utama yang sangat menentukan enak tidaknya tumpeng Anda adalah beras yang digunakan. Resep rahasia saat membuat tumpeng agar hasilnya pulen adalah dengan mencampurkan beras yang digunakan menggunakan beras ketan.

Campurkan setiap 1 liter beras dengan menggunakan 200 gram beras ketan. Setelah itu, rendam campuran beras tersebut dalam waktu 1 jam dan kukus setengah matang untuk mendapatkan hasil yang pulen.

Setelah dimasak setengah matang, maka masak lagi beras tersebut menggunakan bumbu halus yang telah disiapkan. Perlu diketahui juga jika bumbu ini akan berbeda antara jenis nasi yang satu dengan yang lain. Misalkan saja jika nasi kuning yang akan digunakan maka tambahkan dengan serai, kunyit, dan juga daun salam.

Salah satu rahasia nasi tumpeng yang juga belum banyak diketahui orang adalah trik untuk membuat butiran terlihat mengkilap yakni dengan menggunakan perasan jeruk nipis kemudian aduk rata. Kemudian, biarkan juga beras tersebut tertutup dalam panci selama 15 menit untuk menghasilkan nasi yang padat serta bagus pada saat akan dicetak.

Salah satu hal yang biasanya banyak tak diketahui orang adalah tumpeng yang digunakan. Jadi, antara tumpeng kuning dengan putih pastinya berbeda. Jika Anda akan membuat nasi tumpeng kuning, maka biasanya lauknya terdiri atas kering, telur, ayam goreng, sambal, perkedel, hingga tambahan abon. Hal tersebut akan berbeda jika tumpeng yang dibuat adalah putih maka akan menggunakan tahu tempe bacem, ayam dengan bumbu rujak, rempeyek kacang, hingga urab sayur. Sehingga, saat akan pesan tumpeng pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pembuatan nasi tumpeng ini tak bisa dilakukan dengan main-main karena harus menggunakan bahan pilihan untuk menghasilkan nasi yang sempurna dan enak untuk disajikan. Jika Anda mencari yang instan, maka kini bisa dengan Pesan Tumpeng ke yang sudah terbiasa menjadi penyedia nasi tumpeng dan terbukti berkualitas dalam menghasilkan segala macam masakan tumpeng sesuai kebutuhan.