Spread the love

Tips Foto Makanan Agar Menarik

Tips Foto Makanan Agar Menarik – Berkunjung ke suatu tempat belum afdol rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Bahkan, bagi traveler, mencicipi makanan khas suatu daerah wajib hukumnya.

Wisata kuliner di suatu daerah akan terasa makin lengkap saat Anda mengabadikannya dalam jepretan kamera. Terlebih untuk para influencer di bidang kuliner. Hasil jepretan kamera jadi prioritas utama.

Tapi sayangnya, untuk mendapatkan foto makanan yang menarik itu bukanlah hal mudah. Diperlukan teknik dan persiapan agar tampilan foto mampu memikat dalam sekali lihat. Nah, supaya wisata kuliner Anda semakin lengkap, praktikkan tips foto makanan agar menarik berikut ini.

Pesiapkan Peralatan untuk Foto Makanan

Sebelum bertolak menuju tempat tujuan, Anda harus mempersiapkan seluruh peralatan untuk mengambil foto. Kamera yang digunakan tidak harus kamera SLR. Anda bisa menggunakan kamera Mirroless. Meskipun kamera Mirrorles berukuran kecil, tapi dari segi kemampuan menangkap gambar, Mirrorles sebanding dengan kamera SLR.

Selain kamera Mirrorles, Anda juga bisa menggunakan kamera ponsel. Apalagi, smartphone kini telah dilengkapi kamera beresolusi tinggi. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa membawa serta tripod untuk menjaga kestabilan kamera ketika mengambil gambar.

Tak kalah penting dari mempersiapkan peralatan, Anda bisa membuat perencanaan yang matang terkait foto makanan yang akan diambil. Perencanaan matang meliputi konsep yang akan diusung, tema yang akan dipilih, hingga properti apa yang akan Anda gunakan.

Agar Foto Makanan Lebih Menarik Gunakan Pencahayaan Alami

Tips foto makanan agar menarik selanjutnya adalah dari segi pencahayaan. Mengambil foto makananan tidak harus menggunakan flash. Cahaya keras yang dihasilkan dari flash kamera mampu menghilangkan tekstur dan warna dari makanan, sehingga hasil foto akan terlihat buruk. Sebagai gantinya, gunakanlah pencahayaan alami. Pencahayaan alami justru akan membuat makanan terlihat lebih natural.

Kendati demikian, hindarilah mengambil foto di bawah cahaya matahari secara langsung. Paparan sinar matahari yang langsung mengenai makanan akan membuat hasil jepretan Anda buruk. Oleh karenanya, pilihlah tempat teduh dengan pencahayaan cukup.

Ambil Foto Makanan dengan Porsi Sedikit

Porsi makanan ternyata mempengaruhi hasil dari jepretan Anda. Makanan dengan porsi sedikit akan terlihat lebih menarik. Selain itu, mengambil foto makanan dengan porsi sedikit akan membawa lebih banyak atensi pada makanan tersebut.

Dalam mengambil foto makanan, penting pula untuk memperhatikan komponen yang ada. Foto yang terlalu banyak mengandung komponen dapat mengurangi fokus foto itu sendiri. Sebab dari itu, aturlah makanan sesederhana mungkin. Apabila Anda ingin menambahkan properti lain seperti minuman atau makanan pendamping, gunakanlah bukaan besar pada lensa kamera Anda. Dengan begitu selain objek utama akan terlihat kabur, sehingga fokus tetap tertuju pada menu utama.

Pilihlah Angle Foto yang Bagus Agar Makanan Terlihat Menarik

Pemilihan angle adalah tips foto makanan agar menarik yang tidak boleh dilewatkan, sebab pemilihan angle akan mempengaruhi hasil foto Anda. Seperti dalam pengambilan gambar makanan berminyak misalnya. Pemilihan angle yang tepat dan didukung penggunaan flash, makanan berminyak bisa terlihat mengkilat.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda bisa mencoba mengambil foto melalui berbagai angle. Mengambil foto melalui angle yang memberikan ilusi tiga dimensi adalah langkah yang bijak untuk mendapatkan hasil yang menarik.

Abadikan Pergerakan Agar Foto Makanan Terlihat Lebih Hidup

Diperlukan serangkaian proses untuk menghasilkan foto makanan yang menarik. Beberapa proses melibatkan gerakan agar foto terlihat lebih hidup. Menangkap pergerakan dalam foto serta menggunakan angle yang tepat akan membuat hasil jepretan Anda terlihat semakin nyata.

Pergerakan kadang kala bisa terjadi secara spontan dari sekitar. Jika Anda jeli, pergerakan spontan ini bisa terlihat memukau saat diabadikan dalam bidikan kamera. Sementara itu Anda juga bisa menciptakan momen atau pergerakan sendiri untuk menghadirkan kesan yang lebih menarik.

Foto Makanan Secara Close Up untuk Menampilkan Tekstur Makanan

Foto makanan akan terlihat semakin menarik ketika Anda mampu menghadirkan kesan yang lebih nyata. Mulai dari warna yang terlihat alami hingga tekstur makanan yang ditampilkan. Untuk menampilkan tekstur makanan yang terlihat lebih kenyal dan segar, gunakanlah teknik pengambilan gambar secara close up. Foto yang diambil secara close up mampu menghasilkan gambaran yang lebih detail.

Hasil foto makanan secara close up akan terlihat lebih menarik dengan tatanan makanan yang tepat. Salah satu cara untuk menciptakan tatanan yang menarik adalah tidak terlalu banyak meletakkan isi ke dalam piring.

Ambil Foto Makanan Sesegera Mungkin

Setelah makanan dihidangkan ke hadapan Anda, jangan buru-buru mencicipinya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengambil foto sesegera mungkin. Alasannya karena makanan yang baru dihidangkan akan terlihat lebih segar. Apalagi jika masih panas dan mengeluarkan kepulan uap. Hasil foto makanan yang Anda ambil akan terlihat lebih menggugah selera.

Lakukan Editing Foto Seperlunya untuk Hasil yang Menarik

Tips foto makanan agar menarik yang terakhir adalah melakukan editing seperlunya. Meskipun pencahayaan alami mampu menghasilkan warna natural, tapi foto akan terlihat semakin menarik lagi jika warnanya terlihat lebih hidup. Editing foto dilakukan untuk menonjolkan detail-detail pada foto makanan supaya terlihat lebih menggoda.

Ada cukup banyak software editing foto yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik tampilan sebelum mengunggahnya ke sosial media. Seperti Photoshop, Vsco, hingga Snapseed. Dengan menerapkan tips foto makanan agar menarik di atas, tampilan foto yang Anda hasilkan bisa terlihat nyata dan menggugah selera viewers.