Spread the love

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit – Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang rasanya pahit, tapi sebenarnya masih bisa diolah dengan baik agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa. Selain tidak pahit, pare juga bisa terasa renyah saat dikunyah. Maka gunakanlah cara memasak pare agar tidak pahit yang tepat.

Walaupun sudah diolah menjadi suatu masakan, tapi tidak semua orang suka dengan rasa pahitnya. Perlu dilakukan langkah yang tepat untuk membuat pare supaya tidak pahit. Sayuran hijau yang satu ini menjadi sumber mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit dan Tetap Renyah

Banyak orang yang tidak suka dengan sayuran pare karena dianggap terlalu pahit. Ikuti tips dan cara memasak pare supaya tidak pahit di bawah ini sehingga bisa dinikmati saat makan:

1.   Memilih Jenis Pare yang Tepat

Cara pertama dalam memasak pare agar tidak pahit adalah dengan memastikan jenis pare yang akan dipilih. Walaupun seluruh jenis buah pare memang pahit, tetapi intensitas rasanya tidak sama. Jenis pare bergantung pada beberapa hal berikut:

  • Tingkat Kematangan

Sebaiknya pilih jenis pare yang masih muda, jangan memilih pare yang sudah terlalu matang atau tua. Rasa pahit pada pare akan lebih terasa pada jenis pare yang sudah tua.

  • Warna Pare

Pare yang warnanya cenderung gelap atau hijau tua biasanya merupakan pare yang masih muda, karena semakin tua umurnya maka warna hijaunya pun akan semakin pudar.

  • Ukuran

Lebih baik pilih beberapa buah pare berukuran kecil dibanding satu buah pare berukuran besar. Pare yang berukuran besar rasanya jauh lebih pahit.

2.   Bersihkan Pare dengan Cara yang Benar

Sebelum mulai mengolah pare, cuci pare tersebut hingga benar-benar bersih kemudian kikis bagian permukaannya. Gunakan pisau atau peeler untuk membuang bagian kulitnya tersebut. Sampai bagian permukaannya benar-benar halus.

Belah pare menjadi dua bagian lalu buang bijinya dan bagian tengah yang warnanya putih.

3.   Memotong Pare Tipis-tipis

Potong pare dengan ukuran yang tipis dan kecil juga bisa menjadi salah satu cara agar pare tidak pahit. Semakin tipis ukurannya maka rasa pahit pada sayuran ini bisa diminimalisir.

Apalagi jika pare tersebut dimasak dengan ditumis, maka sari-sari pare akan keluar dan pare akan dimasak dengan sempurna.

Baca juga : Pesan snack box di Kuningan

4.   Rendam dengan Air Garam

Garam juga akan sangat membantu pare agar tidak terasa pahit. Caranya yaitu masukkan pare yang sudah diiris tipis pada mangkuk, lalu taburkan garam dan remas seluruh bagiannya sampai layu dan sampai seluruh sarinya keluar.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga 30 menitan saja supaya kandungan air di dalamnya bisa keluar dengan maksimal. Bisa juga dengan menaburi pare dengan garam lalu remas sampai layu.

Peras potongan pare tersebut dan buang air perasannya. Lalu siram dengan air mendidih dan bilas sampai benar-benar bersih. Untuk mengurangi rasa pahitnya, bisa ulangi cara tersebut 2–3 kali. Cara memasak pare agar tidak pahit ini sudah banyak dilakukan.

5.   Rebus Pare dengan Daun Jambu Biji

Cara berikutnya dalam menghilangkan pahit pada pare adalah dengan merebus irisan pare bersamaan dengan daun jambu biji. Rasa sepat yang terdapat pada daun itu dipercaya bisa menghilangkan pahit pada pare.

Rebus pare dengan beberapa lembar daun jambu biji dan didihkan selama kira-kira 5 menit saja. Tiriskan pare dan bilas sampai bersih sebelum benar-benar diolah.

Sejumlah cara memasak pare agar tidak pahit di atas terbukti bisa menghilangkan pahit ketika pare sudah diolah dan dimasak. Cobalah untuk mempraktikkannya ketika memasak sayur tersebut.