Spread the love

Kuliner Khas Lombok – Lombok merupakan salah satu pulau yang ada di antara pulau Sumbawa dan pulau Bali. Lombok memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya terutama pantai dan laut yang indah. Itu juga mengapa lombok menjadi tempat destinasi yang cukup banyak dikunjungi. Akan tetapi selain itu ternyata lombok juga memiliki kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kuliner Khas Lombok

10 Kuliner Khas Lombok Dengan Cita Rasa Sedap

  • Sate Pencok

Jika Anda berkunjung atau liburan ke Lombok, maka sate yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sate pencok ini. Sate ini sangat unik karena bahan dasar yang digunakannya adalah nasi sagu. Namun ternyata pada awalnya sate ini justru terbuat dari kulit sapi. Akan tetapi sekarang banyak yang menggunakan nasi sagu. Hal ini karena harga dari sagu lebih terjangkau daripada kulit sapi.

Sate pencok ini memiliki harga yang sangat terjangkau untuk satu tusuknya. Biasanya akan cocok digunakan sebagai lauk makan atau juga bisa Anda nikmati sebagai camilan saja.

  • Sate Pusut

Selain sate pencok, lombok juga memiliki sajian khas lainnya berupa sate yaitu sate pusut. Sate ini biasanya akan ada ketika perayaan hari-hari besar. Jenis daging yang digunakan adalah daging sapi. uniknya sate ini menggunakan tusukan yang cukup besar yang terbuat dari bambu.

Selain itu sate ini juga jarang dijual secara umum dan tidak selalu bisa dinikmati kapan saja. Jadi Anda bisa memesannya melalui catering untuk acara-acara tertentu.

  • Sate Rembiga

Masih seputar hidangan sate, Lombok memiliki hidangan sate rembiga yang juga khas. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dioleh dengan bumbu legendaris hingga empuk. Untuk menikmati sate ini biasanya akan ada sajian hidangan lainnya seperti plecing, urap, lontong, mie goreng dan bulayak. Cukup banyak juga yang jual kuliner khas lombok berupa sate rembiga ini.

  • Jelaq Lebui

Hidangan lainnya selain sate yang khas dari lombok adalah jelag lebui. Hidangan ini juga memiliki nama lain berupa lebui kelaq sebie atau lebui kelaq pangkes. Bahan dasar yang digunakan adalah kacang-kacangan yang juga bernama lebui. Kacang tersebut bentuknya hampir sama seperti kedelai hitam.

Biji tersebut nantinya akan dimasak dengan daging sapi, daun bawang, daun kemangi, dan juga irisan bawang merah. untuk rasanya sendiri pedas dan gurih dari daging sapi. Jika dilihat sekilas memang akan seperti hidangan rawon dari Jawa Timur.

Artikel Lainnya : Nasi Tumpeng Tomang

  • Kelaq Sebie

Selanjutnya ada kelaq sebie yang merupakan hidangan berupa sayuran. Bahan utama yang digunakan adalah cabai yang dipotong kecil dan biasanya akan menggunakan ikan atau sayuran yang lain. Kelaq sebie sendiri adalah hidangan yang berarti sayur cabai dari bahasa Sasak.

Cara membuatnya juga termasuk mudah. Semua bumbu akan dimasak dan bahan utamanya juga yaitu cabai rawit. Kemudian akan ditambahkan santan dan dimasak hingga mengental. Cita rasa dari hidangan ini cukup pedas jadi akan cocok untuk Anda pecinta pedas. Harga kuliner khas lombok murah ini juga cukup terjangkau.

  • Kelaq Batih

Hidangan sayuran selanjutnya yang juga khas adalah kelaq batih. Kelaq batih ini terbuat dari bahan dasar berupa sayur biji buncis dan daun singkong. Untuk biji buncis yang digunakan adalah yang sudah berumur tua. Sedangkan untuk daun singkongnya justru yang masih muda.

Kedua bahan tersebut kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu khasnya. Dalam bahasa Sasak sendiri disebut dengan raqi beleq. Walaupun sederhana, namun hidangan ini memiliki cita rasa yang enak dan juga aromanya harum.

  • Ayam Rarang

Lombok ternyata juga memiliki hidangan khas dari bahan ayam. Namanya adalah ayam rarang yang juga tidak kalah lezat dengan ayam taliwang. Ayam rarang ini akan menggunakan sajian berupa bumbu yang pedas. Rasanya yang unik tersebut didapatkan dari proses pembuatannya yang menggunakan tungku kayu dan dibakar.

Hal inilah yang membuat cita rasa dari ayam rarang tersebut sangat khas. Anda juga bisa pesan kuliner khas lombok ayam rarang ini pada catering untuk sajian acara tertentu.

  • Ayam Taliwang

Selain ayam rarang, ayam taliwang juga bisa Anda coba ketika berkunjung ke lombok. Hidangan ini bernama taliwang karena asal hidangannya dari sebuah daerah di lombok bernama Taliwang juga. Ayam taliwang ini dibuat dengan cara yang spesial dimana daging ayamnya menggunakan ayam kampung muda. Ayam tersebut kemudian akan dibakar secara utuh dengan beberapa bumbu khasnya.

Ayam yang sudah matang akan diberikan bumbu saus yang khas sehingga rasanya sangat lezat. Ayam taliwang ini biasanya akan cocok Anda nikmati dengan hidangan khas lombok lainnya juga. Selain itu juga tetap cocok jika dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal saja.

  • Nasi Kotaraja

Hidangan ini terbuat dari bahan utamanya yaitu daging sapi yang ditumbuk kemudian digoreng. Jika dilihat sekilas memang akan seperti abon. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi kuah. Nantinya akan ada tambahan lainnya seperti nasi, biji kedelai goreng dan sambal. Keunikan dari hidangan ini adalah hanya bisa Anda dapatkan di kota Kotaraja.

  • Beberuk Terong

Kuliner khas lombok yang terakhir adalah beberuk terong. Hidangan ini sebenarnya juga mirip dengan sambal terong. Terong dan kacang panjang dengan ukuran yang kecil akan dimasak dengan bumbu sambal. Namun yang menjadi unik adalah terong dan kacang panjang tersebut masih mentah, sehingga menciptakan rasa yang lebih segar.