Spread the love

Tips Menjaga Masakan Agar Tidak Cepat BasiKamu punya masakan sisa, ingin dibuang tapi masih banyak? Ingin disimpan, namun belum paham cara menjaga dan tips masakan tidak cepat basi? Kelebihan masakan memang tidak harus selalu di buang. Sebab membuang masakan termasuk perkara yang tidak baik. Oleh karena itu, lebih baik untuk menyimpannya agar bisa dimakan di hari berikutnya.

Akan tetapi, kesalahan dalam menyimpan masakan juga menjadi perkara yang menyusahkan. Sebab bila kamu melakukan kesalahan dalam menyimpan masakan maka masakan bisa cepat basi dan akan menjadi hal yang sia-sia. Oleh karena itu, supaya masakan tidak cepat basi maka kamu harus memperhatikan dengan seksama tips untuk menyimpan hasil masakan agar tidak mudah untuk basi.

Tips Menjaga Masakan Agar Tidak Cepat Basi

Lalu, bagaimana tips masakan tidak cepat basi? Bagaimana cara untuk menjaga masakan agar tetap bisa dimakan di hari berikutnya? Penasaran? Mari simak penjelasannya, melalui ulasan-ulasan singkat di bawah ini.

Hangatkan Dulu Masakan Sebelum Disimpan

Pasti kamu sudah sering mendengar hal ini. Bila akan menyimpan masakan, lebih baik hangatkan dulu masakan yang akan disimpan. Hal ini dikarenakan dengan menghangatkan masakan sebelum disimpan, secara otomatis akan membuat waktu dari daya simpan masakan menjadi lebih lama. Sehingga sebisa mungkin selalu usahakan untuk menghangatkan masakan sebelum disimpan.

Cara menghangatkan masakan untuk setiap jenis masakan pun berbeda-beda. Misalnya untuk masakan berupa sayur atau masakan berkuah lainnya. Untuk menghangatkan masakan jenis ini, maka kamu harus menghangatkan masakan sampai mendidih. Hal ini dimaksudkan agar daya tahan masakan bisa benar-benar panjang. Alias masakan bisa benar-benar tidak basi di hari berikutnya.

Akan tetapi, itu hanya untuk masakan yang berkuah. Untuk masakan dengan bumbu kental pun berbeda perlakuan. Bila masakan dengan bumbu kental maka cara menghangatkannya adalah dengan menambahkan air pada masakan. Selanjutnya panaskan masakan di atas kompor sampai masakan kembali mengental. Tentunya cara ini tidak bisa dilakukan untuk jenis masakan yang lain. Masakan dengan jenis yang berbeda juga harus dihangatkan sesuai dengan jenis masakannya.

Hindari Menutup Wadah Masakan Ketika Masih Panas

Setelah menghangatkan masakan maka jangan langsung menutup wadah tempat masakan berada. Menutup wadah masakan sebelum masakan dingin hanya akan membuat masakan menjadi lebih cepat basi, walaupun sudah dipanaskan sebelumnya. Hal ini dikarenakan masakan yang masih panas akan mengeluarkan uap air. Sehingga bila masakan panas ditutup uap air akan terperangkap dalam wadah dan bercampur dengan masakan. Uap air inilah yang sebenarnya membuat masakan menjadi cepat basi bila ditutup dalam wadah, ketika masih panas.

Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, bila masakan masih panas maka sebaiknya tunggu masakan menjadi dingin. Selain itu, tunggu uap panas masakan benar-benar telah menguar atau hilang dengan sepenuhnya. Hal ini tentunya akan membuat masakan menjadi semakin awet alias tahan lama.

Usahakan Simpan Masakan di Dalam Wadah yang Kedap Udara

Setelah memastikan bahwa masakan telah dingin dan tidak memiliki uap panas maka masukkan masakanĀ  ke dalam wadah yang kedap udara. Penempatan masakan pada wadah yang kedap udara juga akan membuat masakan menjadi lebih tahan lama. Hal ini dikarenakan wadah yang bersih dan kedap udara akan menjaga masakan agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai jenis kuman dan bakteri yang biasanya merusak masakan sehingga menjadi lebih cepat basi. Oleh karena itu, pastikan bahwa wadah untuk menyimpan masakan selalu terjaga kebersihannya dan kedap udara. Selain itu pastikan bahwa wadah yang digunakan terbuat dari bahan yang terbaik. Seperti halnya plastik ataupun stainless dengan kualitas terbaik.

Hindari Menyentuh ataupun Mengaduk Masakan Setelah Dihangatkan

Tips supaya masakan tidak cepat basi yang selanjutnya adalah jangan terlalu sering menyentuh ataupun mengaduk masakan. Khususnya bila masakan telah dihangatkan. Hal ini dikarenakan semakin sering kamu mengaduk ataupun menyentuh masakan maka akan semakin mudah masakan menjadi basi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari menyentuh ataupun mengaduk masakan bila sudah hampir matang ataupun setelah dihangatkan.

Sebisa mungkin kamu hanya boleh mengaduk masakan ketika akan mengambil masakan ataupun menambahkan bumbu ke dalam masakan saja. Setelah itu, kamu tidak boleh terlalu sering mengaduk masakan. Bahkan bila masakan sudah dihangatkan untuk sekedar mengambil masakan pun tidak dianjurkan.

Bila Memungkinkan Simpan Masakan di Dalam Kulkas

Bila kamu sudah menghangatkan masakan dan menyimpannya ke dalam wadah yang kedap udara maka untuk membuat masakan lebih tahan lama lagi, kamu bisa menyimpan masakan tersebut ke dalam kulkas. Seperti yang kamu ketahui salah satu manfaat dari kulkas adalah untuk meningkatkan atau memperpanjang waktu serta daya tahan masakan. Sehingga masakan bisa bertahan sampai beberapa hari, tidak hanya sehari saja.

Oleh karena itu, lebih baik bila kamu mau menyimpan masakan ke dalam kulkas. Sebab daya tahannya bisa berlipat ganda. Selain itu, bila kamu ingin memakannya kembali maka kamu hanya perlu memanaskannya. Bagaimana sangat mudah dan sederhana, bukan?

Tak hanya itu, sebenarnya masih ada banyak tips yang bisa kamu praktikkan untuk menjaga supaya masakan tidak cepat basi. Seperti halnya tidak menyimpan masakan di ruangan terbuka dan selalu pastikan bahwa kulkas dan rice cooker ataupun peralatan elektronik yang digunakan untuk menyimpan masakan selalu terhubung dengan listrik. Oleh karena itu, jangan buang masakan sisamu hari ini. Praktikkan tips masakan tidak cepat basi dengan baik dan masakanmu bisa dipanaskan untuk dimakan di keesokan hari atau bahkan di beberapa hari ke depan (bila disimpan dalam kulkas).