Spread the love

Bagi kalian warga Betawi yang ada di Jakarta dan juga para warga keturunan Arab yang ada di Indonesia tentu sudah tidak asing dengan nasi kebuli ini. Hidangan ini merupakan hidangan yang sangat nikmat sehingga banyak yang menyukainya. Tidak mengherankan juga jika kalian akan dengan mudah menemukan pesan nasi kebuli.

Nasi Kebuli Kaya Akan Rasa

Jika kalian bosan dengan nasi yang itu-itu saja tanpa ada rasanya bumbu maka kalian bisa mencoba nasi kebuli ini. Nasi ini memiliki rasa yang gurih hal ini karena proses pemasakannya menggunakan beberapa campuran seperti susu kambing, kaldu daging kambing dan juga minyak samin. Untuk penyajiannya hidangan ini biasanya dilengkapi dengan daging kambing goreng kemudian ditaburi dengan irisan kurma ataupun kismis. Nasi ini sebenarnya tercipta berkat pengaruh budaya dari Arab Timur Tengah dan juga India Muslim.

Bagi para warga Betawi biasanya menggunakan nasi kebuli ini untuk berbagai macam perayaan yang berhubungan dengan perayaan keagamaan dalam hal ini yaitu Islam. Perayaan keagamaan ini seperti maulid, lebaran ataupun acara keagamaan lainnya. Seperti yang sudah dikatakan nasi ini selain populer di masyarakat Betawi juga populer pada masyarakat keturunan Arab. Sehingga dimana pun tempat yang banyak warga keturunannya seperti Surabaya maupun Gresik akan mudah menjumpai nasi ini.

Membuat Nasi Kebuli Sendiri

Untuk kalian yang ingin menikmati kelezatan dari nasi ini tapi di sekitar tempat tinggal kalian tidak ada yang menjualnya maka kalian bisa membuatnya sendiri. Bahan pertama yang kalian butuhkan yaitu bumbu halus dimana bumbu halus tersebut seperti bawang merah, bawang putih, cengkeh, lada hitam, ketumbar, kapulaga, jintan, pala, kayu manis dan juga minyak samin. Berikut ini adalah cara pembuatannya yang sederhana beserta dengan bahan lainnya.

  • Tanak nasi bersama dengan susu kambing dan juga kaldu kambing. Akan tetapi jika kalian tidak memiliki susu kambing maka bisa menggantinya dengan menggunakan santan dan tanak hingga setengah matang.
  • Setelah setengah matang maka masukan daging kambing yang telah dipersiapkan. Kemudian kalian masak bersama hingga benar-benar matang.
  • Untuk pemasakan daging kambing tadi bisa kalian potong kecil-kecil dan masukan ke dalam nasi ataupun digoreng untuk nantinya disajikan secara terpisah. Sesuaikan saja cara pemasakan daging kambing ini sesuai dengan selera kalian.
  • Setelah nasi matang maka siap dihidangkan dan penyajiannya biasanya menggunakan asinan nanas. Terkadang pula ada yang menambahkannya dengan sambal goreng hati.

Tadi itu adalah cara membuat nasi kebuli yang bisa kalian praktekan dan sangat mudah tentunya. Namun bagi kalian yang takut gagal membuat sendiri namun sudah ingin segera menyantap nasi kebuli tadi sebaiknya cari layanan pesan nasi kebuli. Membeli nasi dengan cara memesan tentu saja sangat menguntungkan karena kalian tidak perlu repot-repot memasak dan nasi kebuli siap diantar ke rumah.

Ramaikan Acara Dengan Nasi Kebuli

Tidak dipungkiri nasi ini sedikit kurang populer untuk digunakan sebagai hidangan untuk acara arisan. Hal ini karena ketika ada acara seperti arisan, makanan yang disajikan biasanya jajanan pasar dan makanan yang umum seperti bakso, soto dan lainnya. Namun bagi kalian yang ingin memberikan sajian yang berbeda bisa memilih nasi kebuli ini. Rasanya yang gurih serta nikmat tentu bisa membuat banyak orang menyukainya.

Jika kalian ingin memesan dalam jumlah yang banyak sebaiknya pesan nasi kebuli jauh-jauh hari. Agar lebih mudahnya kalian bisa mencari informasi mengenai layanan ini di internet karena disana banyak sekali informasi yang tersedia sehingga kalian bisa dengan mudah menemukan layanan tersebut.