Spread the love

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan ragam sajian nusantara. Termasuk salah satunya adalah ragam minuman segar yang menjadi resep turun temurun secara tradisional. Mulai dari minuman penghangat badan hingga minuman yang segar dan dingin untuk melepas dahaga. Untuk minuman hangat sendiri mungkin Anda sudah mengenal beberapa jenis seperti minuman jahe susu. Yaitu dimana air rebusan jahe yang hangat dicampurkan dengan susu baik itu dengan susu bubuk ataupun kental manis full cream. Biasanya minuman jahe dan susu ini dikenal dengan sebutan jahesu. Cocok untuk dihidangkan pada saat sore hari dan cuaca yang dingin

Selain itu ada juga minuman kombinasi dari jahesu ini, yaitu wedhang ronde. Dimana air jahesu dihidangkan dengan toping pelengkap lainnya seperti butiran ronde yang dibuat menggunakan tepung beras sehingga berbentuk bulat dan kenyal, kemudian ada kolang-kaling, irisan roti tawar, dan juga kacang tanah yang disangrai. Tidak hanya itu saja, masih banyak jenis sajian minuman tradisional lainnya. Kali ini dari jenis minuman yang segar dan dingin. Salah satunya yang cukup populer adalah es cendol.

Es Cendol Tradisional

Es cendol dikenal sebagai minuman tradisional di Indonesia. Masing-masing daerah disini memiliki ciri khas minuman cendol sendiri dengan nama yang berbeda-beda. Contohnya adalah salah satu es cendol yang terkenal yaitu dari Banjar Negara dengan nama Es Dawet Ayu. Cendol sendiri adalah minuman yang khas dengan bentuk panjang-panjang menyerupai cacing berwarna hijau. Teksturnya kenyal dan lembut. Biasanya disajikan dengan menggunakan campuran rebusan santan ditambah dengan gula merah, kemudian dilengkapi dengan es serut.

Minuman semacam ini biasanya banyak dijumpai sebagai sajian untuk takjil di waktu berbuka puasa, atau biasa juga sebagai sajian di berbagai acara seperti hajatan. Es cendol modern juga sudah mulai banyak bermunculan dengan beragam inovasi yang menarik. Mulai dari warna cendol yang dibuat berbagai rupa, hingga campuran es cendol sendiri yang diberikan dengan beragam variasi seperti cendol mutiara, cendol ketan merah, cendol cincau hingga cendol durian.

Resep Es Cendol Gula Merah

Salah satu minuman es cendol yang legendaris dari dulu hingga sekarang adalah sajian es cendol gula merah. Minuman ini juga yang sering disebut dengan es cendol dawet ayu Banjarnegara. Dari sini kemudian banyak orang yang penasaran ingin mencoba membuat es cendol juga. Maka dari itu berikut ini akan disajikan resep dan cara pembuatan es cendol gula merah.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Tepung Beras 200 gram.
  2. Tepung tapioka 1 sendok makan.
  3. Gula merah 200 gram.
  4. Santan kelapa, cukup dari ½ butir kelapa saja.
  5. Gula pasir 4 sendok makan.
  6. Garam cukup ¼ sendok teh saja.
  7. Pewarna hijau pandan
  8. 1 liter air
  9. Es batu.

Langkah membuat es cendol gula merah

  1. Yang harus kita buat pertama adalah mempersiapkan cendol itu sendiri. Yaitu dengan cara menyiapkan panci yang akan digunakan untuk membuat cendol.
  2. Pilihlah panci anti lengket untuk membuatnya. Kemudian isikan 1 liter air, tambahkan tepung tapioka, tepung beras dan satu tetes pewarna hijau pandan. Warna hijau ini bisa Anda atur sesuai selera. Jangan terlalu pucat dan jangan terlalu mencolok warnanya.
  3. Aduk adonan hingga rata.
  4. Tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih pada cendol.
  5. Jika sudah, nyalakan api dalam keadaan api yang kecil.
  6. Aduk adonan cendol salam panci, dan tunggu hingga adonan kemudian mengental.
  7. Pada saat adonan dirasa sudah cukup setengah matang, siapkan wadah berisi air dingin, bila perlu tambahkan sedikit campuran es batu.
  8. Cetak adonan cendol menjadi panjang-panjang, dengan cara meletakan saringan di atas wadah berisi air dingin yang sudah Anda siapkan.
  9. Tuangkan cendol yang sudah mengental ke atas sarungan. Kemudian gosok-gosok hingga cendol akan keluar dalam bentuk memanjang.
  10. Sisihkan terlebih dahulu cendol yang sudah jadi, bila perlu masukan ke lemari pendingin.

Step Kedua

  1. Step kedua adalah membuat kuah untuk es cendol itu sendiri.
  2. Pertama Anda membuat kuah gula merah terlebih dahulu.
  3. Panaskan gula merah dan gula putih dengan menambahkan air. Aduk hingga gula merah mencair total dan gula putih juga sudah larut. Tes adonan gula. Gula merah yang bagus akan menghasilkan adonan gula yang berwarna coklat keemasan dan cukup kental.
  4. Setelah itu, cairan gula merah disisihkan terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya Anda harus menyiapkan untuk kuah santannya.
  6. Ambillah santan dari kelapa sebanyak ½ butir. Caranya dengan memarut kelapa, kemudian memerasnya hingga santan kelapa keluar. Atau jika Anda ingin praktis, Anda juga bisa menggunakan santan kemasan beragam varian sesuai selera Anda.
  7. Masukan santan kelapa dalam panci untuk direbus, tambahkan sedikit air atau secukupnya, kemudian tambahkan sedikit garam agar rasa santan terasa gurih.
  8. Ketika santan sudah matang, sisihkan dan dinginkan. Bila perlu Anda tambahkan es batu dalam bentuk serut.
  9. Di sisi lain Anda bisa siapkan gelas untuk tempat sajian cendol.
  10. Ambil cendol secukupnya dan masukan dalam gelas saji.
  11. Tambahkan air santan yang sudah direbus dan sudah ditambahkan dengan es yang sudah diserut.
  12. Tambahkan air gula merah untuk membuat sajian es cendol Anda terasa manis.
  13. Jika Anda suka yang dingin, Anda bisa tambahkan es batu sesuai selera.