Spread the love

Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan olahan yang dibuat dari bahan dasar ayam. Ya, seperti yang Anda tahu, daging ayam memang dikenal sebagai daging yang memiliki cita rasa yang lezat serta harganya yang murah. Indonesia memiliki beberapa olahan ayam spesial yang menggugah lidah banyak orang. Jika Anda ingin mencoba cita rasa yang baru, maka Anda dapat mencoba membuat ayam goreng khas Korea.

Tips Memilih Ayam Segar Bebas Formalin

Akan tetapi, sebelum Anda membuat resep ayam Korea, maka alangkah baiknya jika Anda menentukan daging ayam yang masih segar. Ya, daging ayam yang masih bagus dan segar tentu akan mempengaruhi cita rasa masakan Anda. Tidak hanya itu saja, hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan Anda. Ayam yang sudah terlalu lama atau tidak segar memiliki memungkinkan ditumbuhi berbagai macam bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih daging ayam. Tips pertama adalah dengan melihat warna dari ayam tersebut. Ayam yang masih dalam kondisi segar memiliki kulit yang masih putih dengan semburat yang berwarna merah muda. Saat Anda menemukan ayam dengan warna pucat hingga kebiruan, maka sebaiknya urungkan untuk membeli ayam tersebut.

Tips yang kedua adalah dengan merasakan tekstur dari kulit ayam. Salah satu cara untuk mengetes ayam yang masih segar dan tanpa obat adalah dengan melihat tekstur kulit ayam tersebut. Saat Anda menemukan ayam dengan kulit bertepung atau berpasir, maka sebaiknya Anda mengurungkan untuk membeli ayam tersebut hal ini dikarenakan ayam tersebut mengandung bahan kimia formalin.

Tips yang ketiga adalah dengan melihat apakah ada lalat yang datang. Ya, lalat memang sumber penyakit yang harus dihindari. Akan tetapi, lalat dapat menunjukkan apakah daging ayam tersebut masih segar atau sudah ditambah dengan formalin. Daging yang tidak dihinggapi lalat menunjukkan bahwa daging tersebut mengandung bahan kimia yang bahkan lalat saja tidak mau mendekat.

Demikian di atas merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih daging ayam yang masih segar dan bebas formalin.

Langkah Mudah Membuat Ayam Goreng Korea

Untuk Anda yang ingin mencoba resep ayam goreng Korea, maka sebelumnya Anda harus menyiapkan beberapa bahan, bisa 1 kg ayam (sayap, dada, ceker, paha), tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, baking soda, merica bubuk, serta garam. Tidak hanya itu saja, untuk ada yang ingin membuat ayam goreng Korea dengan bumbu pedas, maka Anda perlu menyiapkan bawang putih, merica, margarin, minyak goreng, sambal tomat, saos tomat, cuka, minyak wijen, madu, garam, serta gula.

Berikut ini merupakan langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat ayam goreng Korea dengan saus pedas manis:

  1. Cuci ayam hingga bersih. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, campur hingga merata dan diamkan selama beberapa menit.
  2. Langkah selanjutnya, campurkan tepung terigu, tepung maizena, tepung beras, garam, baking soda, merica, dan bubuk cabe. Aduk hingga merata. Selanjutnya, masukan ayam ke dalamnya dan baluri degan menggunakan tepung. Diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit.
  3. Keluarkan ayam dari dalam kulkas dan selanjutnya goreng hingga warna keemasan.
  4. Untuk membuat bumbu atau saus, maka tumis bawang putih menggunakan minyak goreng, kemudian tambahkan merica, saus sambal, saus tomat, minyak wijen, cuka, madu, garam, serta gula. Selanjutnya aduk hingga rasa dan cicipi bagaimana rasanya
  5. Masukkan ayam goreng ke dalam saus tersebut, aduk hingga merata.

Demikian di atas merupakan resep untuk membuat ayam goreng spicy Korea dengan saus pedas manis.