Spread the love

Artikel kali ini akan membahas mengenai makanan dengan bahan dasar sapi yang akan menggoyang lidah Anda. Sapi menjadi salah satu rival berat dari daging kambing, yang rasa dagingnya lebih dapat diterima oleh lidah secara umum. Menu dari daging sapi biasanya tidak pernah absen dari restoran-restoran besar. Apalagi saat perayaan hari besar Idul Adha, sapi menjadi salah satu primadona yang siap memenuhi meja makan Anda. Jangan lupakan juga makanan kesukaan hampir seluruh masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa yaitu bakso dengan bahan dasar daging sapi.

Cara Mudah Membuat Daging Sapi Menjadi Tidak Alot

Daging yang alot merupakan salah satu permasalahan umum yang banyak ditemui para penikmat daging sapi. Hal ini akan mempengaruhi cita rasa dari masakan yang dihasilkan, sehingga perlu diperhatikan dengan baik sebelum diolah. Daging sapi dapat dengan mudah Anda temukan di pasar maupun supermarket, Anda bisa bebas memilih hendak membeli daging sapi lokal maupun impor. Pemilihan jenis daging juga bisa mempengaruhi tingkat kekerasan atau kealotan dari daging tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah agar daging sapi menjadi lebih lembut ketika sudah dimasak.

  • Rendam dengan parutan nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Indonesia, sehingga cukup mudah untuk mendapatkan buah yang satu ini. Buah yang memiliki rasa manis bercampur dengan asam ini dapat membantu membuat daging sapi menjadi lebih empuk. Caranya cukup mudah yaitu nanas terlebih dahulu diparut, kemudian balurkan daging sapi dengan parutan nanas tersebut. Durasi pembaluran pun jangan terlalu lama, karena jika terlalu lama justru akan membuat daging menjadi sangat lembek dan hancur. Rutin cek tekstur daging agar tidak terlalu lembek sehingga lebih enak ketika dimasak.

  • Pukul-pukul daging sapi

Letakkan daging sapi di atas talenan kemudian pukul menggunakan alat khusus yang berbentuk seperti palu hingga merata ke seluruh bagian daging. Jika Anda tidak memiliki palu khusus, maka Anda bisa memilih alat yang memiliki sifat yang mirip dengan palu, misalnya mutu. Pukul daging dengan kekuatan sedang, jangan terlalu kuat apalagi terlalu lemah. Daging yang dipukul ini akan membuat kolagen yang ada pada daging menjadi terpecah dan kemudian membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

  • Jangan asal memotong daging

Daging sapi tidak boleh dipotong dengan asal, ada teknik khusus sehingga daging menjadi lebih empuk ketika dimasak. Gunakan pisau yang tajam dan kalau bisa pisau khusus untuk memotong daging. Kemudian potong daging berlawanan dengan arah serat daging tersebut. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik, karena serat daging menjadi salah satu hal yang membuat daging sapi menjadi alot. Pemotongan berlawanan dengan arah serat akan membuat proses masak menjadi lebih cepat dan serat tidak akan kembali menyatu ketika proses memasak.

Resep Masak Daging Sapi Yang Mantap

Daging sapi memiliki rasa dan tekstur yang enak, sehingga cocok dijadikan makanan jenis apa saja. Salah satu resep andalan ibu-ibu adalah daging sapi panggang belanga. Belanga merupakan nama lain dari ungkep, yang merupakan salah satu teknik masak yang dapat membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging. Proses ungkep juga bisa membantu membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan mudah ditela.

Berikut ini resep membuat daging sapi panggang belanga yang mudah dan menghasilkan rasa yang mantap.

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti bawang merah, bawang putih, pala bubuk, kayu manis, mentega, gula merah, kecap, garam, air, tomat, serta tak lupa pemeran utamanya yaitu daging sapi.
  • Masukkan semua bahan ke dalam panci, kemudian nyalakan api kompor. Ungkep selama tiga puluh hingga empat puluh lima menit. Jangan lupa cicipi terlebih dahulu agar rasa yang didapat sesuai dengan selera.
  • Jika proses belanga telah selesai, maka bisa dilanjut dengan proses panggang hingga daging menjadi beraroma khas pembakaran.